QURBAN DI SMP ITUS JALAKSANA PENUH KEBERSAMAAN

Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar.

Gema takbir mengagungkan NamaMu Ya Rabb.

Qurban dalam istilah fikih adalah Udhiyyah (الأضحية) yang artinya hewan yang disembelih waktu dhuha, yaitu waktu saat matahari naik. Secara terminologi fikih, udhiyyah adalah hewan sembelihan yang terdiri onta, sapi, kambing pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasriq untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kata Qurban artinya mendekatkan diri kepada Allah, maka terkadang kata itu juga digunakan untuk menyebut udhiyyah. .

Rabu, 16 Oktober 2013 kemarin telah dilaksanakan qurban di SMP dan SMA ITUS Jalaksana sebagai bentuk pembelajaran kepada para siswa mengenai makna berqurban. Qurban tahun ini berhasil mengumpulkan 6 kambing yang penyembelihannya dilaksanakan dilingkungan SMP SMA ITUS Jalaksana dan disaksikan oleh para siswa. Kegiatan yang berlangsung dari pkl 08.00 s.d 15.00 tersebut diawali dengan acara Tausiah tentang makna berkurban,diteruskan dengan penyembelihan Hewan Qurban, pembagian daging Hewan Qurban, serta dilanjutkan dengan kegiatan masak bersama masing-masing kelas dengan didampingi oleh masing-masing wali kelasnya.

Agar lebih meriah, acara masak bersama diselingi dengan pentas seni dari tiap-tiap kelas. Masing-masing kelas menampilkan berbagai macam pertunjukan seperti Nasyid, Puisi, Drama, Grup Music, dan Vocal Grup.

Setelah semua rangkaian acara selesai dilanjutkan dengan acara makan bersama untuk memupuk kebersamaan. Semoga kegiatan ini menjadi pembelajaran yang bermakna bagi para siswa bahwa kebersamaan itu indah.

kurban1

Leave a Reply

*

captcha *

Live Chat

Powered by themekiller.com