PALANG MERAH REMAJA (PMR) SMP ITUS JALAKSANA

ITUS Juara – Pernah mendengar tentang Palang Merah Remaja, atau PMR? Betul sekali, mungkin PMR menjadi salah satu ekstrakulikuler di sekolahmu. Biasanya, PMR selalu ada dalam pilihan ekstrakulikuler di Sekolah, baik di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah atas (SMA). Sebetulnya perlu diketahui, PMR merupakan sebuah organisasi nasional yang ada di Indonesia yang bergerak dalam bidang kemanusiaan.  Di Indonesia sendiri, terdapat tingkatan anggota PMR berdasarkan jenjang pendidikan atau usianya.

Pertama, ada yang disebut dengan PMR Mula. Yakni, PMR setara pelajar SD. Tingkatan kedua yaitu PMR Madya adalah PMR yang ditujukan untuk SMP. Sedangkan yang terakhir adalah PMR Wira, dimana siswa siswi SMA sebagai anggotanya.

Berbicara mengenai tingkatan PMR, SMP ITUS Jalaksana turut aktif menggalakan ekstrakulikuler yang memiliki salah satu prinsip  kesukarelaan (Voluntary Service) ini. Seluruh siswa siswi SMP ITUS diperbolehkan untuk mendaftar dan mengikuti proses kegiatan yang berhubungan dengan PMR tanpa terkecuali. Untuk mereka yang ingin mengetahui segala sesuatu tentang kesehatan, kesukarelaan bahkan ikut andil dalam tindakan nyata yang berhubungan dengan kemanusiaan, di PMR lah wadah yang tepat untuk menggali seluruh pengetahuan, mendorong sifat-sifat sosial dan mempererat persahabatan sekaligus mendapatkan ilmu mengenai kepalang merahan.

Anggota yang tergabung kedalam PMR ITUS akan dilatih bagaimana menjaga kesehatan, memberikan pertolongan kepada mereka yang sakit, dan mengajarkan kepada anggota PMR untuk ikut serta dalam aksi sosial seperti menolong dan merawat teman yang sakit, memberantas sarang nyamuk, membersihkan lingkungan sekolah , melaksanakan kegiatan UKS dan lain sebagainya.

Saat ini, anggota PMR SMP ITUS berjumlah 32 orang yang berasal dari kelas VII dan kelas VIII.  Kegiatan ekstrakulikuler PMR ini dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 15:00 WIB sampai dengan selesai, tempat mereka bertugas adalah di ruang UKS. Ruang UKS yang terletak di lantai 2 SMP ITUS ini lah salah satu sudut yang digunakan untuk menangani pertolongan pertama kepada siswa yang sakit.  Adapun tugas serta kewajiban mereka sebagai anggota PMR adalah sebagai berikut :

  • Berbakti kepada masyarakat.
  • Mempertinggi keterampilan serta memelihara kesehatan dan kebersihan.
  • Mempererat tali persahabatan.
  • Menumbuhkan sikap kesukarelaan.

Tugas- tugas diatas itulah yang dijadikan patokan dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota PMR.

Untuk tahun ini, PMR ITUS berencana untuk ikut berpartisipasi dalam mengikuti beberapa perlombaan PMR tingkat Madya yang diselenggarakan oleh SMK PGRI Ciawigebang dan Universitas Kuningan.  Kegiatan perlombaan seperti ini akan sengaja dijadikan program rutin PMR, tak lain dan tak bukan tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan memupuk rasa solidaritas kemanusiaan. Perlombaan yang akan diikuti meliputi perlombaan Pertolongan Pertama (PP), lomba pasang tandu, lomba majalah dinding, olympiade dan yel-yel PMR. Diharapkan setelah mengikuti perlombaan-perlombaan tersebut, para anggota PMR ITUS dapat banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman baru di dunia PMR. Semoga PMR ITUS dapat meraih kemenangannya kembali sebagai runner up dalam perlombaan Pasang tandu di tahun 2015 lalu.

Itulah informasi secara singkat mengenai PMR ITUS Jalaksana. Mari kita tumbuhkan rasa kemanusiaan, keterampilan, solideritas dan kesukarelaan, yang paling terpenting adalah untuk selalu menjaga kesehatan dan mengamalkan segala sesuatu ilmu yang didapatkan mengenai PMR ITUS.

Bagaimana dengan PMR di Sekolahmu?

Penulis : Tim Web YUS

Editor : Manx & DMS

Leave a Reply

*

captcha *

Live Chat

Powered by themekiller.com