Menengok Perjalanan Indonesia Merdeka

bu fitri

Foto : Fitri Salbila, S.Pd/dok.ITUS

ITUS Juara – Tahun 2016 sudah berganti bulan, sekarang kita sudah menginjak ke bulan Agustus. Bagi Indonesia bulan Agustus adalah bulan napak tilas perjuangan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bulan Agustus juga bisa sebagai bulan pemacu semangat kita semua sebagai warga negara yang baik supaya tidak pernah lelah dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan sesuai dengan kemampuan, keterampilan dan profesi yang kita punya.

Rakyat Indonesia sudah tentu tahu tanggal lahirnya negara sebagai negara yang merdeka. Ya tepat tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka. Sebelumnya apakah kita semua masih ingat bagaimana cerita nenek moyang kita dulu memperjuangkan kemerdekaan? mari kita ulas bersama.

Sebelum merdeka rakyat Indonesia telah mengalami berbagai macam goncangan dan penderitaan dari segala bentuk penjajahan, cukup lama Indonesia dijajah bahkan bukan hanya dijajah satu negara saja berbagai negara sudah mencicipi menjajah Indonesia.

Sampai pada akhirnya puncak kemerdekaan Indonesia mulai terlihat ketika itu Indonesia sedang dijajah oleh Jepang, tepat tanggal 6 Agustus 1945 kota Hirosima di Bom Atom oleh sekutu “Amerika Serikat” dan tanggal 9 Agustus 2016 Nagasaki tak luput juga dari serangan sekutu. Hirosima dan Nagasaki adalah dua kota besar di Jepang, akhirnya ketika mendengar kabar Hirosima dan Nagasaki luluh lantak mau tidak mau tentara jepang yang ada di Indonesia pulang kampung untuk melihat bagaimana keadaan kampung halamannya dan untuk bangkit memperbaiki diri.

Tentara Jepang dan rengrengannya say goodbye Indonesia dan ketika itu di Indonesia terjadi vakum of power alias kekosongan kekuasaan. Mendengar Indonesia tak ada lagi yang menjajah ada dua pemikiran berbeda dari segala arah, pikiran pertama adalah dari negara lain yang ingin menjajah lagi Indonesia pikiran ke dua adalah dari pihak Indonesia yang ingin segera memproklamirkan diri menjadi bangsa yang merdeka terbebas dari segala bentuk penjajahan bangsa lain. Salah satu negara yang ingin menguasai Indonesia setelah Jepang adalah Amerika serikat, Namun ketika Amerika Serikat on the way Indonesia.

Alhamdulillah Indonesia telah berhasil memproklamirkan diri menjadi bangsa yang merdeka, meskipun terjadi berbagai macam proses dan tantangan bahkan sampai munculnya perdebatan antara golongan tua dan golongan muda akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB Soekarno didampingi  Moh. Hatta membacakan teks proklamasi di jalan pegangsaan Timur No. 56 Jakarta dengan pengawalan yang cukup ketat. Setelah saat itu setiap tanggal 17 Agustus di peringati hari kemerdekaan Indonesia hari dimana Indonesia terbebas dari penjajahan dan keterpurukan.

Indonesia sampai saat ini masih berjuang mempertahankan kemerdekaan, meskipun Indonesia telah resmi jadi suatu negara karena telah memenuhi syarat sah nya negara yaitu mempunyai wilayah, rakyat dan pemerintahan yang berdaulat, bukan berarti kita harus santai. Kita harus tetap semangat mempertahankan kemerdekaan. Merdeka Merdeka Merdeka.

Penulis : Fitri Salbila, S.Pd (Guru PKN SMP ITUS)

Editor : Manx & DMS

Leave a Reply

*

captcha *

Live Chat

Powered by themekiller.com