Mendongeng yu!!!

mendongeng

Foto : Mendongeng/dok.ITUS

ITUS  Juara – Tepat pukul 09.00 WIB, keriuhan di depan aula SMP ITUS Jalaksana pecah dan meriah. Seperti yang sudah direncanakan untuk satu minggu sekali di SMP ITUS ada kegiatan acara mendongeng. Kegiatan ini atas ide kreatif Arif Hidayat salah satu guru seni budaya untuk menggiatkan peserta didik khususnya kelas tujuh untuk mendongeng secara bergantian.

 Kegiatan mendongeng dipagi hari ini selain untuk memenuhi kegiatan mata pelajaran seni budaya, kegiatan ini pula untuk mengasah ide kreatif peserta didik. Meningkatkan disiplin dan tentunya untuk meningkatkan daya imajinasi serta mencintai budaya tutur (mendongeng).

“Budaya mendongeng adalah budaya yang lekat dengan bangsa Indonesia. Namun mendongeng kini menjadi langka tergerus oleh perkembangan zaman dan budaya yang masuk dari luar negeri yang mengatasnamakan budaya modern. Padahal dongeng sarat akan pesan moral dan pembelajaran-pembelajaran yang beraroma pendidikan. Maka saya beserta rekan guru yang lain ingin menghidupkan kembali budaya mendongeng dengan tujuan anak-anak bisa memupuk rasa percaya diri, sikap, menjaga budayanya sendiri dan meningkatkan moral yang semakin hari semakin menurun terutama dikalangan pelajar.” Tutur Arif Hidayat ketika menyaksikan peserta didiknya beraksi dalam mendongeng.

Kegiatan mendongeng ini disambut luar biasa oleh semua siswa-siswi SMP ITUS terutama kelas tujuh. Namun karena ini disaksikan banyak orang. Tidak jarang peserta didik kelas delapan dan sembilan ingin ikut mencobanya. Tidak hanya itu ada pula beberapa guru yang ingin unjuk gigi dalam mendongeng. Semoga kegiatan mendongeng ini terus digalakan di sekolah kita. Kali ini yang bergiliran mendongeng adalah Elsa dan Eldi  siswa-siswi kelas 7C, “luar biasa mereka keren banget” seru siswa kelas sembilan. Ayo mendongeeeeeennnngggg……!!!!

Penulis  : Tifani Kautsar (Guru SMP)

Editor  : Manx & DMS

Leave a Reply

*

captcha *

Live Chat

Powered by themekiller.com