Kegiatan MOPD & MOK di SMP ITUS

MOPD atau Masa Orientasi Peserta Didik dan MOK atau Masa Orientasi Kepramukaan adalah kegiatan mengenalkan hal-hal yang baru bagi siswa, hal yang baru tersebut diantaranya mengenal lingkungan sekolah, teman, guru dan karyawan, juga berbagai kegiatan yang dilaksanakan di ITUS Kuningan.

MOPD-MOK dilaksanakan di lingkungan sekolah antara lain di ruang kelas, lapangan upacara, lapangan olah raga dan aula disesuaikan dengan materi MOPD-MOP.

MOPD-MOK 2013 yang diketuai Imam Nugraha, SPd, dimulai hari Kamis 15 Agustus 2013 dan berakhir Sabtu 17 Agustus 2013. MOPD-MOK dibuka oleh Diding Juanda, SE, selaku Kepala SMP ITUS Kuningan yang mengharapkan agar semua warga sekolah harus mampu meningkatkan kompetensinya sehingga tercapai visi dan misi sekolah yaitu menjadikan sekolah yang berkarakter, cerdas dan berdaya saing.

Tema MOPD-MOK tahun ini yaitu“ Berakhlakul karimah, berkarya, berprestasi untuk satu hati, satu rasa, satu pikiran dan satu tujuan serta TaJuk (tanggung jawab, jujur dan komitmen), dengan tujuan antara lain :

  1. Menumbuh kembangkan jiwa patriotisme terhadap sekolah sebagai wujud nyata mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.
  2. Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah.
  3. Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler di SMP ITUS Jalakasana dan evaluasi dari seluruh kegiatan yang ada di sekolah dasar sebelumnya.
  4. Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah.

Kegiatan MOPD-MOK ini harus membuat siswa SENANG, KENAL lingkungan sekolah dengan segala aturannya, dan akhirnya siswa diharapkan dapat mempunyai rasa SAYANG kepada sekolah yaitu dengan belajar secara rajin dan sungguh-sungguh.

Peserta MOPD-MOK  diikuti oleh seluruh peserta kelas VII, Mereka semua terlihat antusias dan merasa gembira dalam mengikuti kegiatan MOS.
Materi MOPD-MOK yaitu antara lain : Pengenalan Wawasan Wiyatamandala, Etika dan Adab Kepada Guru dan Teman, Presentasi Siswa Kelas 9 : Materi Sanitasi dan Pengenalan Ruangan Kelas serta lingkungan di SMP ITUS, Budaya Tata Titi dengan Memperkenalkan aturan dan norma di SMP ITUS serta dan hal-hal negatif yang mengancam generasi muda sekarang (Narkoba Dan Pergaulan Bebas), Sistematika Pembelajaran di SMP ITUS.

Penutupan kegiatan MOPD-MOK dilaksanakan Hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2013 sekaligus semua siswa kelas VII – IX dan Guru mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2013. (MEDIA _ ITUS)

[nggallery id=3]

Leave a Reply

*

captcha *

Live Chat

Powered by themekiller.com