Kebersihan Sebagian Dari Iman (Annadhofatu Minal Iman)

dIDING jUANDA ITUS Juara – Menikmati senja bersama Diding Juanda, SE Kepala Sekolah SMP ITUS disela-sela waktu luang benar-benar kami manfaatkan untuk mengenal lebih jauh tentang sosok yang berwibawa ini. Tidak hanya itu kami ambil kesempatan yang langka ini untuk mendapatkan informasi untuk memenuhi bahan berita Jurnalistik.

Bapak yang memiliki nama panggilan Pak Diding ini sangat bersahaja, ramah dan penuh kharisma yang luar biasa, dalam suasana wawancara tersebut beliau begitu terbuka dan blak-blakan terutama mengenai hal kebersihan lingkungan sekolah. Ia mengatakan kebersihan sekolah sangat penting, bukan hanya akan terlihat bersih namun menurutnya akan membuat suasana belajar mengajar semakin nyaman, sehat atau terhindar dari segala penyakit. Selain itu menurutnya Allah dan para malaikat menyukai suasana yang bersih, tempat yang bersih dan lingkungan yang bebas sampah. Kami bertanya, mana saja yang mesti jadi sorotan mengenai kebersihan, dijawabnya dengan ramah, menurutnya semua daerah penting diperhatikan. Ia menambahkan semua elemen yang ada di SMP ITUS ini termasuk guru-gurunya harus memiliki rasa memiliki terhadap Gedung ITUS ini terutama Gedung SMP. Sehingga dengan demikian kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya OB (office boy-Red) saja. “Masalah kebersihan ini harus terus menjadi sorotan nomor wahid, kita harus paham betul manfaat kebersihan itu sendiri. Saya kira semua sudah paham tapi terkadang masih menganggap sepele. Jadi harus terus diingatkan, toh ini kan demi kepentingan kita bersama. Kita adalah keluarga besar SMP ITUS jadi harus terus eksis dan jangan pernah menyerah untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita yang tercinta ini

Informasi yang kami dapatkan dari Kepala Sekolah bahwa sekolah SMP ITUS akan menjadi sekolah percontohan terutama dari segi kebersihan. Jadi hal ini pula yang mendorong Diding terus tidak henti-hentinya ”Membewarakan” kepada semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan, hal itu terbukti dalam setiap amanat Pembina Upacara selalu saja disinggung tentang kebersihan sekolah. Menurut Diding sebelum mengakhiri pembicaraannya bahwa kebersihan itu bagian dari iman “Anna dzofatu minal iman” maka kita harus maksimal dalam hal tersebut.

Senja semakin tua, kami pun pamit. Dengan melihat senyumnya kami melihat ada banyak harapan yang ia inginkan, ya soal kebersihan salah satunya. Semoga apa yang dicita-citakan terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan harapannya, amin.

Penulis : Diding Juanda, SE & Dela, Rizky R, Shebika (siswa-siswi kelas 8 dan 9)

Editor : Manx & DMS

Leave a Reply

*

captcha *

Live Chat

Powered by themekiller.com