Sambutan Kepala Sekolah

NONOAssalamualaikum Wr., wb.

SMP ITUS……

Menjunjung Amanat llahi……

Membangun negeri di bumi pertiwi…..

Di bawah Panji Pancasila……

Menjunjung citra bangsa mandiri…..

Pendidikan itu super penting. Tidak ada keraguan sedikitpun, bahwa pendidikan adalah asas paling berpengaruh bagi maju-mundurnya sebuah peradaban. Pendidikan yang buruk akan menjadikan peradaban yang terpuruk. Sebaliknya, peradaban yang maju tidak bisa terlepas dari peranan pendidikan yang baik. Jadi, membangun pendidikan sama artinya membangunan masa depan. Dan jika ditemukan sebuah peradaban begitu terbelakang, maka langkah pertama dan yang paling utama untuk membenahinya adalah membenahi sistem pendidikannya yang termaktub dalam undang-undang. Seperti kita ketahui bahwa dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Pasal 6 dinyatakan bahwa “Setiap warga negara bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan”, ini artinya kita dituntut untuk memperbaiki peradaban.

Dalam pendidikan perlu ditanamkan sejak dini bahwa keberadaan seorang pribadi, jauh lebih penting dan tentu tidak persis sama dengan apa yang menjadi miliknya dan apa yang telah dilakukannya. Sebab manusia tidak sekedar pemilik kekayaan dan juga menjalankan suatu fungsi tertentu. Pendidikan yang humanis menekankan pentingnya pelestarian eksistensi manusia, dalam arti membantu manusia lebih manusiawi, lebih berbudaya, sebagai manusia yang utuh berkembang (menurut Ki Hajar Dewantara menyangkut daya cipta (kognitif), daya rasa (afektif), dan daya karsa (konatif)). Singkatnya, “educate the head, the heart, and the hand !”

Berdasarkan latar fikir tersebut, SMP ITUS yang berada di hamparan bumi pedesaan yang  nyaman untuk belajar telah lama hadir sejak tahun 2002 di Desa Peusing Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan sebagai alternatif solusi dari keresahan sebagian masyarakat muslim yang menginginkan adanya sebuah institusi pendidikan islam yang berkomitmen mengamalkan nilai–nilai islam dalam sistemnya, dan bertujuan agar siswanya mempunyai kompetensi seimbang antara ilmu kauniyah dengan ilmu qauliyah, antara fikriyah, ruhiyyah dan jasadiyyah, sehingga mampu melahirkan generasi muda muslim yang berilmu, berwawasan luas dan bermanfaat bagi umat dengan pelibatan optimal yang kooperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetensi murid untuk menciptakan siswa yang memiliki kecerdasan Intelektual (Intelegen Quotient), Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dan Kecerdasan Spiritual (Spritual Quotient) yang tinggi serta kemampuan beramal (kerja) yang ihsan seperti yang tertuang dalam Visi dan Misi SMP ITUS.

SMP ITUS dengan jargon Sekolahnya Para Juara yang berbasis Agama, Kearifan Budaya Lokal, Teknologi dan Informatika senantiasa berkomitmen mewujudkan generasi-generasi yang islami dan unggul dalam akademik maupun non akademik. Dengan hadirnya Website ini, Saya berharap dapat dijadikan wahana interaksi yang positif baik antar civitas akademika maupun masyarakat pada umumnya sehingga dapat menjalin silaturahmi yang erat disegala unsur. Mari kita bekerja dan berkarya dengan mengharap ridho dari Allah SWT dan keikhlasan yang tulus dijiwa demi anak bangsa.

Wallahul Muafieq Illa Aqwa Mithorieq,

Wassalamualaikum Wr.,Wb.


Powered by themekiller.com